Search This Blog

4/23/2011

REMEDIAL

Di zaman yang sudah dulu (kelas 1 SMA di sekolah yang gak mau disebut), pas jamannya celana cutbray, waktu gw lagi imut2nya, walau sekarang juga masih sih (masih amit2 maksudnya, daripada bonyok), karena gw dirasa mempermalukan keluarga gw yang blesteran India-Ciputat-Belanda-Cirebon-Jerman-Bandung jauh dekat 2000, gw diamanatkan oleh mendiang nenek gw yang notabene adalah masih keturunan Ratu Elizabeth di Kasultanan Cirebon untuk melaksanakan les bahasa inggris di Lembaga Bahasa LBPP-MIA (nama disamarkan demi menjaga nama baik).
 
Bener aja, masuk situ kan di tes dulu tuh ya nanti kita bakalan di taro di level mana gitu, eh taunya gw cuma selepel
"pre-basic", tau kan lu? kalo dalam bahasa ciputatnya sih, pre-basic itu sama rendahnya dengan harkat, derajat, dan martabat sebongkah upil. tragis! ternyata mendiang nenek gw benar adanya...
Tapi gw suka sama buku pre-basic, soalnya banyak gambarnya walaupun gak berwarna, dan tulisannya itu loh yang bikin gw seneng belajarnya, tulisannya tipe "comic sans", hahaha maklum lah, gw emang gampang dibikin seneng oleh hal- hal sepele. Gw juga baru tau sifat gw yang ini pas gw duduk di bangku kuliah...

Begini ceritanya,
Pada suatu hari pas jaman celana pensil baru in, ada dua orang adik kelas di SMA gw nitip berkas untuk gw sampaikan ke kampus gw karena mereka mau coba ikut tes beasiswa di kampus gw yang (katanya) emang keren tersebut. ehem crot. Eh terus, pas gw sampein ke akademik, katanya ga usah pake amplop coklat, amplop coklatnya buat gw aja katanya. Begitu katanya. Katanya begitu..
Gw langsung seneng, seneng itu gerakan refleks yang berasal tulus dari dalem hati gw yang emang rada kekanakan kayaknya (yang penting otaknya otak dewasa.haha). Gw berkata yes dalem hati dan ngabur ke Student Lounge untuk menemui teman- teman gw, sambil bawa- bawa itu dua amplop coklat yang (seharusnya) gak penting. Gw langsung pamer ke temen2, "eh masa gw dapet dua amplop coklat gratis dong, hihihi". 
Alih- alih pada ikut seneng karena gw seneng, temen gw malah pada masang muke gile, dan salah satu dari mereka ngomong gini, "eh mol, lu tuh gampang banget ya dibikin seneng, dapet amplop begituan aja seneng banget. jadi enak dong ya orang kalo mau nyenengin lu tinggal kasih aja amplop kosong". Gw langsung mikir dong, seketika gw inget semua kejadian sepele yang bisa bikin gw seneng, dan seketika itu juga gw sadar kalo gw memang begitu. 
...dan kesimpulannya >> "Kita memang tidak pernah lebih tau tentang diri kita sendiri dibandingkan orang lain".
Balik lagi yuk ke cerita gw sebelumnya saat les di LBPP-MIA.
Seperti dalam pepatah Cina kuno,

"Kue cucur anget- anget, muke lu ancur banget"
Yang artinya kurang lebih begini, kue cucur yang anget berpengaruh positif terhadap muke yang ancur banget. Jadi, semakin banyak lu makan kue cucur yang anget, maka semakin membuka peluang atas keancuran muke lu. 

(ah gak nyambung nih, maaf, efek skripsi).

Jadi gini kan, intinya walau gw udah les disitu, tapi di sekolah gw tetep remedial pas ulangan bahasa inggris, sedangkan temen- temen gw yang kagak pake les- lesan pada kaga remedial tuh. Emang NASIP..

Waktu itu materinya tentang apa ya, gw forgot nama materinya siapa..

Udah gitu, remedialnya ternyata lebih susah, tapi yang bikin seneng, yang remedial banyak, hahaha...

Dan yang tak dinyana, ternyata di sesi pertama remedial itu, cuma gw doang yang berhasil menaklukkan soal, temen gw sesama korban remedial yang ngoreksi jawaban gw bilang gini, "mol, lu langganan dukun dimana sih mol?". Padahal logikanya, kalo gw maen dukun, ngapain gw susah- susah pake ikutan remedial kayak gini -.-'

Sebenernya kuncinya cuma satu, belajar dari kesalahan.  

*asik ga tuh? :p

...dan ternyata, gw lebih cocok sama soal yang lebih susah daripada yang lebih gampang. wkwk sombong!! Padahal itu karena Allah berkata KUN, fayakun..
Gw pun keluar kelas. ambil wudhu, gelar sajadah, sujud syukur (eaa lebay).

*versi solehah :")

Eh pas keluar, temen- temen gw yang diluar pada nyorakin and neprokin gw (ngeledek banget ga tuh?haha). 

Terus salah satu temen gw yang udah lulus sejak pertama (baca: kagak ikut remedial) malah bilang gini ke gw, "ih kok molen keluar sih? katanya soalnya lebih susah..". Gw bilang, "iya, udah lulus ya keluar lah". Eh dia malah bilang gini, "aaah kok molen bisa lulus sih...bla bla bla". Dia nyuruh gw masuk lagi masa?

Gw nyengirin aja perkataan perempuan itu (baca: speechless). Tapi temen gw ada yang ngebelain gw, dia bilang gini, "kenapa sih *tuuutt* ?? kayaknya gak suka banget kalo molen gak ikut remedial? lo maunya molen remed terus ya?". Hahaha gw ketawa aja dah, abeeess, daripada gw masuk lagi gitu ke kelas...

So, akhirnya gw duduk aja disitu, memandang langit dan menatap luka dihati, begitu seterusnya, memandang langit, menatap luka di hati, sampai bel istirahat berbunyi (HALAH).

Ah udah ah.

2 comments:

  1. pantesan ada firasat ingin sekali membuka blog lu, hidung panas, mata mendenging, hujan krucuk2.. *eaaa, trnyata nama aku dsebut2 #alay
    ehhh btw jahat amat tu TEMEN yg seneng temennya remed,,ter-la-lu

    ReplyDelete
  2. Komen gayaaa??! enggak deh!

    ReplyDelete